Asuransi Jiwa: Inilah 10 Istilah Umum Yang Harus Anda Ketahui

Asuransi Jiwa: Inilah 10 Istilah Umum Yang Harus Anda Ketahui – Membeli produk asuransi jiwa bisa saja rumit bagi sebagian orang. Mungkin Anda termasuk salah satunya. Kerumitan menyerupai mengetahui berapa banyak yang Anda butuhkan, berapa usang Anda membutuhkannya, dan berapa banyak Anda harus membayar asuransi pilihan Anda. Jika hal tersebut tidak sanggup Anda jawab, bisa jadi dikarenakan Anda kurang begitu memahami istilah kunci tertentu dalam asuransi. Berikut yaitu 10 istilah yang akan membantu Anda dalam menciptakan keputusan perihal jenis polis asuransi jiwa Anda.

 Kerumitan menyerupai mengetahui berapa banyak yang Anda butuhkan Asuransi Jiwa: Inilah 10 Istilah Umum Yang Harus Anda Ketahui
Ilustrasi Asuransi Jiwa

Term Life Insurance (Asuransi Jiwa Berjangka)


Asuransi jiwa yang mengatakan sumbangan untuk jangka waktu tertentu. Karena jenis asuransi jiwa berjangka ini tidak menyediakan jaminan sumbangan seumur hidup, serta nilai preminya tidak tetap atau diadaptasi dengan kemampuan pemegang polis. Jenis asuransi jiwa ini umumnya lebih terjangkau daripada asuransi jiwa permanen. Periode jangka biasanya berkisar antara 10 hingga 30 tahun dan naik secara sedikit demi sedikit selama lima tahun (misalnya, 10 tahun, 15 tahun, 20 tahun, 25 tahun, atau 30 tahun).

Whole Life Insurance (Asuransi Jiwa Seumur Hidup)


Asuransi jiwa seumur hidup (whole life insurance) mengatakan sumbangan kapada pemegang polis selama seumur hidup, dengan biaya yang telah ditetapkan. Karena sebagian dari uang premi asuransi Anda ditempatkan dalam rekening bank dengan bunga tinggi, oleh risikonya salah satu layanan asuransi ini pemegang polis akan mendapatkan nilai tunai dari polis yang telah dibayarkan. Dengan polis asuransi yang seumur hidup, jikalau suatu ketika Anda tidak sanggup membayarkan angsuran premi menyerupai biasanya, Anda diperbolehkan meminjam nilai tunai atau "kas keluar" dari premi yang telah Anda bayarkan untuk membayar premi selanjutnya.

Endowment Life Insurance (Aasuransi Jiwa Dwiguna)


Asuransi dwiguna (endowment) merupakan campuran dari manfaat asuransi jiwa berjangka serta tabungan. Ini berarti para pemegang polis asuransi ini sanggup memperoleh dua keunggulan, yaitu nilai tunai dari premi asuransi yang telah dibayarkan, serta sanggup menarik polis asuransi di waktu-waktu tertentu sebelum masa kontrak berakhir. Misalnya, suatu ketika tertanggung membutuhkan dana pendidikan untuk anaknya, maka tertanggung diperbolehkan mengajukan klaim asuransi jiwanya.

Universal Life Insurance (Asuransi Jiwa Universal)


Asuransi jiwa universal menunjukkan fleksibilitas lebih dari pada asuransi seumur hidup (whole life insurance). Dengan sumbangan kehidupan universal, Anda sanggup menambah atau mengurangi manfaat janjkematian Anda setiap saat. Setelah premium pertama Anda dibayarkan, Anda mempunyai kebebasan untuk membayar premi Anda selanjutnya setiap ketika dan dalam jumlah berapapun (meskipun pembatasan tertentu selalu berlaku).

Group Life Insurance (Asuransi Jiwa Kelompok/Perkumpulan)


Merupakan jenis asuransi jiwa yang disediakan oleh majikan, perusahaan, serikat buruh atau kelompok lain, untuk karyawan atau pekerjanya. Dimana semua pihak yang tertanggung mendapatkan jumlah tanggungan yang sama dan iuran premi yang sama, terlepas dari perbedaan dalam kesehatan atau gaya hidup masing-masing tertanggung.

Coverage (Cakupan)


Lingkup sumbangan yang diberikan oleh sebuah polis asuransi - yaitu, berapa banyak kelayakan pertanggungan, dan berapa usang masa aktif pertanggungan. Nilai pertanggungan variatif sanggup berkisar dari beberapa juta hingga beberapa miliyaran rupiah, sedangkan secara priodik sanggup berkisar dari 10 tahun hingga seumur hidup.

Premi Asuransi


Premi yaitu sejumlah uang yang dibayarkan untuk sebuah polis asuransi, supaya polis tetap aktif. Premi sanggup dihitung secara harian, bulanan atau tahunan. Nilai yang dibayarkan bersifat relatif, sesuai dengan prsetujuan pemegang polis dengan perusahaan asuransi.

Premi Berkala


Jenis premi yang besar atau jumlahnya sama di setiap tanggal jatuh tempo pembayarannya. Jumlah tersebut biasanya merupakan jumlah minimum yang harus selalu dibayar oleh pemegang polis asuransi, supaya polis dan pertanggungan asuransi yang Anda ikuti selalu aktif.

Klaim Asuransi


Sebuah permohonan resmi yang diajukan kepada pihak perusahaan asuransi, untuk pembayaran dihubungkan dengan insiden atau situasi yang ditanggung oleh polis asuransi jiwa (yaitu, janjkematian pemegang polis). Dengan kata lain klaim merupakan proses pengambilan manfaat asuransi tersebut.

Uang Pertanggungan


Sejumlah uang yang akan dibayarkan kepada tertanggung, ketika tertanggung meninggal dunia. Adapun besaran jumlahnya tergantung yang tertera dalam ringkasan polis, dan akan dibayarkan sesudah adanya klaim, serta syarat–syarat yang tertera pada polis telah terpenuhi.

Demikianlah pembahasan 10 Istilah Umum dalam asuranisi jiwa. Semoga artikel dari blog sederhana ini akan membantu Anda mendapatkan inspirasi yang lebih baik untuk mencari polis asuransi jiwa yang tepat. Jika Anda masih bingung, sebaiknya lebih banyak bertanya dengan biro asuransi jiwa berlisensi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asuransi Jiwa: Inilah 10 Istilah Umum Yang Harus Anda Ketahui"

Posting Komentar